Kode Bank Mandiri dan Bank BUMN Lain untuk Transaksi Transfer

Rssatriamedika.co.id – jika kamu seorang yang sering bertransaksi online atau memiliki bisnis yang mengharuskan kamu untuk bertransaksi transfer antar bank, sudah pasti tak asing lagi dengan kode pada setiap bank ketika ingin transfer. Salah satu yang banyak dicari adalah kode bank mandiri, yang memang selain memiliki banyak pengguna di tanah air, Bank Mandiri juga menjadi salah satu bank plat merah alias BUMN.

Kode bank sejatinya sering digunakan ketika akan bertransaksi transfer antar bank di tanah air. Kode ini berupa angka 3 sampai 4 digit dan setiap bank memiliki kode yang berbeda. Jika kamu akan melakukan transfer via ATM, misalnya dari akun bank BRI ke bank Mandiri milik temanmu, maka kode bank mandiri harus kamu masukan diawal sebelum nomor rekening.

Namun seperti yang kita tahu tidak semua orang tahu apalagi hafal dengan kode setiap bank terutama kode bank mandiri. Untuk menjawab kebingungan netizen pada artikel kali ini tim kami telah merangkum artikel tentang kumpulan kode bank di indonesia khususnya kode bank mandiri. Selain itu kita juga bahas bagaimana manfaat dan kegunaan dari kode bank ini plus bagaimana cara menggunakannya. Untuk itu simak hingga selesai ya sob.

Tentang bank Mandiri

Sebelum kita bahas tentang kode bank mandiri, ada baiknya kitajuga perlu tahu tentang sedikit ulasan mengenai perusahaan BUMN satu ini. Bank Mandiri merupakan perusahaan milik pemerintah yang didirikan pada tahun 1998 dengan nama PT. Bank Mandiri Tbk .

Baca Juga :   Kode Top Up DANA dan Cara Top Up DANA Semua BANK

Bermarkas di pusat kota jakarta serta memiliki jumlah aryawan yang terhitung cukup banyak sekitar +- 37.000 karyawan. Per tahun 2021 bank mandiri menjadi bank BUMN yang memiliki aset paling banyak di indonesia dengan total 1.580 triliun total keseluruhan aset.

Dengan aset sebanyak itu maka tak heran jika pengguna atau nasabah bank mandiri kian bertambah setiap harinya. Dengan nasabah sebanyak itu maka tak heran jika banyak diantaranya yang mencari informasi tentang kode bank mandiri untuk keperluan transaksi atau transfer antar bank.

kode bank mandiri dan manfaatnya

Kode Bank Mandiri untuk transfer

sejatinya setiap bank yang beroperasi di indonesia dibawah naungan OJK sudah pasti memiliki kode unik pada setiap masing masing bank. Baik bank BUMN ataupun bank Swasta bahkan bank syariah maupun konvensional pada umumnya. Hal tersebut ditujukan agar para nasabah lebih mudah ketika akan melakukan transaksi.

Namun jika bank tersebut berasal dari luar indonesia atau bank milik perusahaan asing maka kode tersebut bisa berupa swift kode. Jadi kode bank merupakan salah satu langkah yang diberikan oleh otoritas negara untuk setiap masing masing bank. Maka tak heran jika banyak masyarakat mengira kode bank merupakan identitas dari bank itu sendiri tak terkecuali kode bank mandiri.

Cara melihat kode bank mandiri

Bagaiamana caranya kita melihat kode pada setiap bank di tanah air khususnya kode bank mandiri. Terdapat banyak cara untuk melihat kode bank, yang paling mudah adalah kamu bisa langsung search via google dengan mengetikan kata kunci pada kolom pencarian seperti misal “ kode semua bank indonesia” maka akan muncul postingan yang menampilkan hasil atau kumpulan kode kode setiap bank di tanah air termasuk kode bank mandiri.

Baca Juga :   Nama FB Keren Aesthetic Bahasa Indonesia Sesuai Abjad A-Z

Selain via google kamu juga bisa melihat kode bank melalui menu di mesin ATM, dengan menekan opsi lihat kode bank maka akan muncul semua kode dari berbagai bank yang ada di indonesia.

Berikut kumpulan kode bank di indonesia termasuk kode bank mandiri yang bisa kamu lihat untuk keperluan transaksi.

Kumpulan Kode Bank di Indonesia dan Kode bank Mandiri

BANKKODE
BRI                                                   002
BCA 014
BNI   009
Mandiri 008
Danamon011
BTPN   213
BTN   200
Syariah Indonesia   427
Mandiri Syariah (BSM)451
BRI Syariah  421
BTPN Syariah   547
MEGA 426
NISP028
BUKOPIN  441
Sinarmas153
Jenius     213
Permata   013
DBS Indonesia046
BCA Syariah 536
BJB         110
Bank DKI   111

Nah itulah beberapa kode bank dari bank indonesia yang sering kali banyak digunakan untuk transfer antar bank. Meskipun tidak semua bank kita cantumkan tapi bank bank diatas merupakan perusahaan atau bank yang memiliki jumlah nasabah cukup banyak. Jadi untuk kode bank mandiri adalah 008, ingatlah untuk memasukan kode bank sebelum nomor rekening tujuan ketika melakukan transfer. dicatat ya sob biar engga lupa.

Fungsi dari kode Bank

Lalu apakah sebenarnya fungsi atau manfaat dari ebuah kode bank?. Seperti yang sudah kami rangkum diatas bahwa kegunaan dari kode bank adalah untuk memudahkan transaksi antar bank. Dengan kode bank tersebut bisa menjadi kode identifikasi sebuah transaksi dan memudahkan sistem bank untuk berintegrasi antar sistem pada server mereka. Secara ringkas kamu bisa meliihat manfaat dan kegunaan dari kode bank termasu kode bank mandiri.

  • untuk mempermudah transaksi
  • untuk memverifikasi transaksi oleh sistem bank
  • sebagai identitas atau kode utama setiap bank
Baca Juga :   500 Username IG Aesthetic Singkat Kpop Untuk Cewek & Cowok

Nah jika kode bank sudah kamu ketahui namun masih bingung bagaiamana cara menggunakannya maka tutorial berikut ini bisa jadi solusi untuk kamu. Simak ya sob.

Cara Menggunakan kode Bank Mandiri untuk transaksi

Oke jika kode bank mandiri sudah kamu ketahui maka saatnya kita mulai bertransaksi dengan menggunakan kode tersebut. Inilah cara transfer dari rekening bank lain ke rekening Mandiri via ATM.

cara menggunakan kode bank mandiri
  1. Cari dan kunjungi mesin ATM terdeket disekitarmu, dengan catatan sebelumnya kamu sudah mencatat nomor rekening mandiri yang menjadi tujuanmu.
  2. Jika sudah didalam ATM segera masukan kartu debit/ATM kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan, tekan pilihan Bahasa indonesia.
  3. Silahkan masukan nomor PIN yang kamu miliki untuk memulai transaksi.
  4. Akan muncul beberapa menu pada layar ATM, kamu pilih saja “transaksi Lainnya
  5. Kemudian tekan opsi “transfer
  6. Pada menu transfer akan ada beberapa pilihan, kamu tekan opsi “transfer antar bank
  7. Nah pada tahap ini kamu akan diminta code bank tujuan transfer, silahkan masukan code bank mandiri 008 ditambah dengan nomor rekening mandiri yang jadi tujuan transfer.
  8. Pastikan terlebih dahulu nomor rekening yang kamu masukan sudah tepat.
  9. Masukan nominal jumlah yang akan ditransfer kemudian klik “benar/Yes
  10. Pada layar akan muncul nama pemilik nomor rekening Mandiri beserta jumlah uang yang akan ditransfer. Periksa kembali apakah sudah tepat?.
  11. Jika sudah benar semua kamu bisa lanjutkan dengan menekan “YES/YA
  12. Tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan transaksi berhasil dan kertas struk transaksi akan keluar tanda bukti bahwa transaksi transfermu telah berhasil.
  13. Selesai dan jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM milikmu.

Penutup

Demikianlah sob mengenai informasi terkait kode bank mandiri serta kode bank lainnya di indonesia. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan kalian solusi terutama yang akan melakukan transaksi transfer antar bank.

Untuk informasi lebih banyak kamu bisa kunjungi website ini setiap hari, selamat mencoba dan terima kasih.