Dubes Inggris untuk Meksiko Jon Benjamin Dipecat

rssatriamedika.co.id – Duta Besar Inggris untuk Meksiko, Jon Benjamin, telah dicopot dari jabatannya setelah sebuah video yang menunjukkan dirinya menodongkan senapan serbu ke arah seorang staf lokal kedutaan beredar luas di media sosial. Dilaporkan oleh Reuters pada Senin, 3 Juni 2024, insiden ini terekam kamera dan videonya tersebar di berbagai platform online, terutama di media sosial X. Dalam video tersebut, terlihat jelas Benjamin, yang merupakan diplomat karier, menodongkan senapan ke seseorang yang wajahnya telah diburamkan.

” Baca Juga: Inflasi Mei 2024 Didorong Oleh Kenaikan Harga Beras dan Cabai “

Insiden dan Penyebaran Video

Detail mengenai penyebab insiden ini masih belum jelas. Video tersebut tidak memberikan informasi tentang latar belakang atau alasan mengapa Benjamin menodongkan senapan ke arah stafnya. Waktu pasti terjadinya insiden tersebut juga tidak diketahui. Sebuah postingan yang menyertai video tersebut di media sosial menyebutkan bahwa tindakan Benjamin sangat tidak pantas. Terutama mengingat konteks kekerasan sehari-hari di Meksiko yang disebabkan oleh kartel narkoba. “Dalam konteks pembunuhan yang terjadi sehari-hari di Meksiko oleh para pengedar narkoba, dia berani untuk bercanda,” tulis postingan tersebut.

Konsekuensi dan Tindakan yang Diambil

Insiden ini diduga terjadi selama kunjungan resmi Benjamin ke negara bagian Durango dan Sinaloa pada bulan April lalu, sebagaimana dilaporkan oleh Financial Times. Setelah insiden ini, pemerintah Inggris mengambil tindakan tegas dengan mencopot Benjamin dari jabatannya sebagai Duta Besar Inggris untuk Meksiko. Meksiko telah lama menjadi negara yang terguncang akibat kekerasan. Yang disebabkan oleh perang kartel narkoba, dengan sekitar 30.000 orang terbunuh setiap tahunnya. Dalam konteks ini, tindakan Benjamin dianggap sangat tidak sensitif dan tidak pantas.

Baca Juga :   Fakta Menarik tentang Sedot WC di Surabaya yang Harus Anda Ketahui

Tanggapan Resmi dan Informasi Lebih Lanjut

Seorang juru bicara Kantor Urusan Luar Negeri, Persemakmuran, dan Pembangunan Inggris menyatakan bahwa mereka menyadari adanya insiden ini dan telah mengambil tindakan yang tepat. Akun LinkedIn milik Benjamin menunjukkan bahwa masa jabatannya sebagai Duta Besar Inggris untuk Meksiko berakhir pada Mei tahun ini. Biografi yang diposting di situs resmi pemerintah Inggris juga menyebutkan bahwa Benjamin menjabat sebagai Duta Besar Inggris untuk Meksiko dari tahun 2021 hingga tahun 2024.

” Baca Juga: Pujian SBY terhadap Pidato Prabowo Shangri-La Dialogue 2024 “

Hingga saat ini, baik Jon Benjamin maupun Kedutaan Besar Inggris di Mexico City belum memberikan tanggapan resmi atas laporan tersebut. Insiden ini menambah catatan panjang kekerasan dan ketegangan yang melibatkan diplomat dan pejabat internasional di Meksiko. Negara yang memang dikenal karena tingkat kekerasan tinggi terkait perang kartel narkoba.