Syarat Terbaru untuk Naik Pesawat Penerbangan Domestik

Penting untuk memperhatikan Cara Check In Tiket Pesawat Online sebelum naik pesawat agar tidak ribet. Pasalnya, setelah pandemi Covid-19, maskapai penerbangan mengeluarkan berbagai persyaratan baru bagi penumpang untuk naik pesawat domestik.

Persyaratan-persyaratan tersebut disusun untuk menjaga kesehatan dan keamanan penumpang dan kru penerbangan. Berikut adalah beberapa syarat terbaru untuk naik pesawat penerbangan domestik:

Surat Keterangan Hasil Negatif Tes Covid-19

Beberapa maskapai penerbangan mewajibkan penumpang untuk menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes Covid-19 sebelum naik pesawat. Tes Covid-19 yang diterima biasanya PCR atau tes rapid antigen. Syarat ini berlaku bagi penumpang yang melakukan perjalanan dari daerah dengan tingkat penyebaran Covid-19 yang tinggi atau dalam perjalanan antarprovinsi.

Melakukan Pendaftaran Online

Sebelum melakukan perjalanan, penumpang diwajibkan untuk melakukan pendaftaran online dan mengisi data pribadi dan riwayat kesehatan. Beberapa maskapai penerbangan meminta penumpang untuk mengisi formulir kesehatan yang berisi pertanyaan tentang gejala Covid-19. Setelah mengisi formulir, penumpang akan mendapatkan kode QR atau nomor rujukan yang harus ditunjukkan di bandara.

Melengkapi Dokumen Perjalanan

Selain tiket pesawat, penumpang diwajibkan untuk melengkapi dokumen perjalanan seperti KTP atau paspor. Beberapa maskapai penerbangan juga meminta penumpang untuk melengkapi dokumen kesehatan seperti surat keterangan hasil negatif tes Covid-19 atau surat keterangan vaksin.

Memakai Masker Sepanjang Waktu

Maskapai penerbangan mewajibkan penumpang untuk memakai masker sepanjang waktu selama di bandara dan dalam penerbangan. Masker yang digunakan harus menutupi hidung dan mulut secara sempurna dan tidak boleh dilepas selama di dalam pesawat kecuali untuk keperluan tertentu.

Baca Juga :   Mengungkap Rahasia Sukses Agen Travel Terbaik di Dunia

Menjaga Jarak Fisik

Penumpang diwajibkan untuk menjaga jarak fisik dengan orang lain, terutama saat mengantri untuk check-in, boarding, dan keluar dari pesawat. Maskapai penerbangan juga membatasi jumlah penumpang di dalam pesawat dan mempertahankan jarak antara kursi.

Membawa Perlengkapan Kesehatan Sendiri

Penumpang diwajibkan untuk membawa perlengkapan kesehatan sendiri seperti hand sanitizer dan tisu basah. Beberapa maskapai penerbangan menyediakan perlengkapan kesehatan tambahan seperti masker, sarung tangan, dan disinfektan.

Tidak Membawa Barang Terlarang

Penumpang dilarang membawa barang terlarang seperti senjata api, bahan peledak, dan obat-obatan terlarang di dalam pesawat. Beberapa maskapai penerbangan juga membatasi jumlah dan jenis barang bawaan yang dapat dibawa oleh penumpang.

Sumber: gatf2021.com