Situasi Keadaan Pasien DBD di RSUD Tamansari

Rssatriamedika.co.id – Sebanyak delapan pasien yang menderita Demam Berdarah Dengue (DBD) masih dalam proses perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tamansari, Jakarta Barat. Dari jumlah tersebut, lima di antaranya adalah anak-anak. Menurut Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari, Ngabila Salama, pada data terbaru yang diterima hingga 1 Mei 2024, tidak ada laporan mengenai kasus kematian akibat DBD di rumah sakit tersebut.

” Baca Juga: Banjir Kronis di RT 04 RW 08, Kelurahan Cipayung, Kota Depok “

Kondisi Pasien yang Dirawat

Kondisi pasien yang terinfeksi DBD dan mendapat perawatan di RSUD Tamansari saat ini tergolong stabil. Ngabila menegaskan bahwa tidak ada perubahan signifikan dalam tingkat keparahan penyakit, bahkan sampai dengan kasus kematian. Meskipun demikian, mayoritas pasien yang terkena DBD masih merupakan anak-anak, dengan persentase sekitar 60% dari total kasus yang dirawat, yang mayoritas berusia antara SD dan SMP.

Gejala DBD pada Orang Dewasa dan Anak-Anak

Gejala DBD pada orang dewasa dan anak-anak memiliki perbedaan yang perlu diperhatikan. Pada orang dewasa, gejala biasanya mencakup demam tinggi di atas 39 derajat Celsius, demam yang naik turun, nyeri di belakang mata, serta pegal di sendi dan otot. Sementara itu, pada anak-anak, gejalanya lebih sering mirip dengan gejala penyakit umum lainnya seperti demam, batuk, pilek, dan diare. Namun, terdapat pula kemungkinan munculnya gejala yang tidak khas seperti infeksi saluran cerna dan pernapasan.

Pentingnya Pencegahan dan Deteksi Dini

Ngabila menegaskan pentingnya untuk masyarakat agar lebih waspada terhadap gejala DBD. Jika demam tidak turun setelah 24 jam, maka segera berkonsultasi dengan puskesmas atau rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Langkah pencegahan dan deteksi dini seperti ini sangat krusial dalam upaya mengendalikan penyebaran DBD di masyarakat. Dalam hal ini, pendidikan tentang gejala dan tindakan yang harus diambil saat terjadi gejala DBD menjadi sangat penting untuk kesadaran dan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Baca Juga :   Perjalanan Cinta Bene Dion Berliku Namun Penuh Restu

” Baca Juga: Filipina Mencari Keajaiban dengan Naturalisasi Pemain Sepak Bola “

Kesimpulan

Meskipun masih ada pasien DBD yang sedang dirawat di RSUD Tamansari, kondisi mereka saat ini dapat dikatakan aman dan terkendali. Upaya pencegahan dan deteksi dini perlu ditingkatkan agar penyebaran penyakit ini dapat dicegah lebih lanjut. Kesadaran masyarakat akan gejala dan tindakan yang tepat sangatlah penting dalam memastikan kesehatan individu dan keseluruhan komunitas.