Insiden Tragis: Tewas Tersedot Mesin Pesawat di Amsterdam

rssatriamedika.co.id – Insiden tragis terjadi di Bandara Schiphol, Amsterdam, yang mengakibatkan satu orang tewas setelah tersedot ke dalam bilah turbin mesin pesawat penumpang. Insiden tersebut terjadi pada Rabu (29/5) di area apron bandara, yaitu area tempat pesawat diparkir, di Bandara Schiphol. Pesawat yang terlibat adalah milik maskapai Belanda, KLM, dan sedang bersiap lepas landas menuju Billund, Denmark.

” Baca Juga: Harga Minyak Dunia Tertekan Karena Penurunan Permintaan “

Kronologi Insiden

Maskapai KLM mengonfirmasi insiden tersebut dalam pernyataan resmi, menyebutkan bahwa seorang individu terjebak di dalam mesin pesawat yang sedang menyala. Sayangnya, korban tersebut meninggal dunia. KLM belum mengungkap identitas korban dan belum jelas apakah korban merupakan petugas bandara atau pegawai maskapai.

Tindakan dan Penyelidikan

Pihak Kepolisian Perbatasan Belanda, yang bertanggung jawab atas keamanan di bandara terbesar di Belanda ini, menyatakan bahwa semua penumpang telah diturunkan dari pesawat setelah insiden terjadi. Penyelidikan menyeluruh telah diluncurkan untuk mengungkap penyebab dan detail kronologi insiden tersebut. Media lokal melaporkan bahwa pesawat yang terlibat adalah jenis Embraer short-haul. Yang biasa digunakan oleh layanan Cityhopper KLM untuk penerbangan jarak dekat ke tujuan seperti London di Inggris.

Langkah-langkah Keselamatan di Bandara Schiphol

Bandara Schiphol dikenal memiliki langkah-langkah keselamatan dan keamanan yang sangat ketat, dan kecelakaan jarang terjadi di bandara yang sangat sibuk ini. Bandara tersebut melayani sekitar 5,5 juta penumpang sepanjang bulan lalu, menurut data dari otoritas setempat. Meskipun begitu, insiden ini menimbulkan keprihatinan dan menjadi fokus perhatian berbagai pihak untuk mencegah terulangnya kejadian serupa di masa mendatang.

Baca Juga :   Calon Siswa Bintara Polri Dibegal Saat Menuju Psikotes

Reaksi dan Tanggapan

Foto yang diposting oleh televisi lokal NOS menunjukkan situasi di lokasi kejadian. Dengan pesawat yang dikelilingi oleh truk pemadam kebakaran dan ambulans di area terminal keberangkatan. Insiden ini mengundang reaksi dari berbagai pihak, termasuk penumpang yang berada di bandara Amsterdam saat kejadian dan masyarakat umum yang mengikuti berita. Penyelidikan yang sedang berlangsung diharapkan dapat memberikan klarifikasi lebih lanjut mengenai penyebab insiden dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk meningkatkan keselamatan di bandara.

” Baca Juga: Penetapan Pegi Setiawan sebagai Tersangka Pembunuhan Vina “

Insiden ini menegaskan kembali pentingnya protokol keselamatan yang ketat di bandara, terutama di area yang berisiko tinggi seperti apron. Meskipun insiden semacam ini sangat jarang terjadi. Setiap kejadian memberikan pelajaran berharga tentang pentingnya pengawasan dan pelatihan keselamatan bagi semua pihak yang terlibat dalam operasi bandara.