Bali Selatan: Fokus Penanganan Penumpukan Wisatawan

Rssatriamedika.co.id – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, menyampaikan keprihatinannya terhadap penumpukan wisatawan di Bali Selatan. Menurutnya, pulau Bali yang luas menyebabkan adanya penumpukan kunjungan wisatawan di bagian selatan Bali. Hal ini diungkapkannya saat berada di kawasan Parapuar Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, pada Kamis (24/4/2024).

” Baca Juga: Rekomendasi Aplikasi Pemantau siklus Menstruasi “

Pengembangan Kawasan Wisata

Untuk mengatasi masalah penumpukan wisatawan di Bali Selatan, pemerintah tengah mengembangkan kawasan Bali Barat, Bali Utara, dan Bali Timur. Sandiaga Uno menegaskan bahwa infrastruktur akan terus dibangun dan destinasi serta atraksi wisata akan terus ditingkatkan guna meminimalkan penumpukan di Bali Selatan. Targetnya adalah agar kunjungan wisatawan lebih terdistribusi di seluruh Bali.

Pembangunan Infrastruktur dan Pengembangan Destinasi Wisata

Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa infrastruktur sedang dibangun, salah satunya proyek pembangunan jalan tol Mangwi-Gilimanuk. Selain itu, pembangunan bandara baru di Bali Utara juga sedang dalam tahap kajian. Meskipun belum ada pembahasan detail mengenai pembangunan bandara baru tersebut, pemerintah tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur dan fasilitas pendukung pariwisata.

Destinasi Wisata Alternatif di Pulau Bali

Menteri Sandiaga juga menyoroti banyaknya destinasi wisata menarik di kawasan lainnya di Pulau Bali selain di Bali Selatan. Di Bali Barat, terdapat Taman Nasional Bali Barat dan Desa Wisata Ekasari yang menawarkan pengalaman alam yang memukau. Sedangkan di Bali Utara, terdapat Buleleng di Karangasem, dengan destinasi wisata seperti Amed dan beberapa tempat yang berbasis religi, spiritualitas, serta destinasi adat dan budaya.

Baca Juga :   Kecelakaan Di Jalan Tol Jakarta-Tangerang

Komitmen Pemerintah untuk Distribusi Wisatawan yang Merata

Dalam upayanya untuk meningkatkan distribusi wisatawan yang merata di seluruh Bali, pemerintah berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastruktur dan destinasi wisata alternatif. Hal ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk menikmati keindahan alam dan budaya Bali di berbagai kawasan, tidak hanya terbatas di Bali Selatan.

” Baca Juga: “

Dengan pengembangan yang berkelanjutan, Bali diharapkan dapat menarik lebih banyak wisatawan dan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Komitmen pemerintah untuk memperluas distribusi wisatawan, diharapkan bahwa kunjungan wisatawan akan lebih merata di seluruh Bali. Langkah-langkah ini juga diharapkan dapat meningkatkan pengalaman wisatawan dengan memperkenalkan mereka pada keindahan alam dan budaya Bali yang lebih luas