Pentingnya Penggantian Oli Motor Secara Teratur

Rssatriamedika.co.id – Penggantian oli motor sering kali diabaikan oleh pemilik kendaraan, padahal oli memiliki peran penting selain sebagai pelumas. Oli juga berfungsi sebagai pembersih, pendingin, dan perapat, sehingga kualitasnya harus selalu dijaga dalam kondisi prima. Dengan menggantinya secara teratur dan tepat waktu, fungsi-fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik. Namun, banyak pemilik kendaraan yang menunda penggantian oli, yang akhirnya berdampak buruk pada performa dan keawetan mesin.

” Baca Juga: Penjarahan Aset Rusunawa Terhadap Pemprov DKI Jakarta “

Dampak Penundaan Penggantian Oli

Menunda penggantian oli motor dapat menyebabkan kerusakan komponen dalam mesin. Contoh kasusnya adalah seorang wanita yang harus mengeluarkan hampir Rp 2 juta karena terlambat mengganti oli motornya. Dalam unggahan akun Instagram @lowslowmotif, disebutkan bahwa wanita tersebut harus mengganti sejumlah komponen motor seperti setang seher, laher kruk AS, sil kruk AS magnet, saher, dan bosh klep. Unggahan tersebut memberikan pelajaran penting bahwa lebih baik telat menghentikan penggunaan skincare daripada telat mengganti oli motor.

Kerusakan yang Dapat Terjadi

Sumantri Tanuwijaya, pemilik Bengkel Jaya Motor Cikupa Tangerang, mengungkapkan bahwa terlambat mengganti oli motor dapat menyebabkan kerusakan beberapa komponen di dalam mesin. Menurut pria yang akrab disapa Jaya ini, tanpa oli, besi-besi dalam mesin akan bergesekan, yang seharusnya dilumasi oleh oli. Hal ini dapat merusak komponen seperti kruk as, piston, liner piston (blok), dan head. Jaya menambahkan bahwa biaya perbaikan akibat kerusakan ini bisa mencapai lebih dari Rp 2 juta, tergantung pada jenis kerusakan dan jenis motornya.

Anjuran Pabrikan untuk Penggantian Oli

Menurut anjuran pabrikan, penggantian oli motor sebaiknya dilakukan setiap 2.000 km sampai 4.000 km, atau sekitar dua bulan hingga empat bulan sekali tergantung pada pemakaian. Mengikuti anjuran ini sangat penting untuk menjaga kondisi mesin tetap prima dan mencegah kerusakan yang lebih parah. Pemilik kendaraan diharapkan lebih disiplin dalam mengganti oli motor agar tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan mesin di kemudian hari.

Baca Juga :   Spekulasi Pencalonan Heru Budi Hartono di Pilgub DKI

” Baca Juga: Alasan dan Dampak Perceraian Juliette Angela dan Sexy Goath “

Kesimpulan

Penggantian oli secara teratur dan tepat waktu sangat penting untuk menjaga performa dan keawetan mesin. Mengabaikan penggantian oli dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen mesin, yang membutuhkan biaya perbaikan yang cukup besar. Oleh karena itu, pemilik kendaraan harus mengikuti anjuran pabrikan dan tidak menunda-nunda penggantian oli motor.