Kebakaran Minimarket Depok, Rugi Rp 300 Juta

rssatriamedika.co.id – Pada Kamis, 20 Juni 2024, sebuah peristiwa kebakaran melanda sebuah minimarket di Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Kebakaran ini dipicu oleh aksi pencurian yang terjadi di dalam minimarket tersebut dan menyebabkan kerugian material yang cukup besar. Laporan mengenai kejadian ini menjelaskan bagaimana korsleting listrik menjadi pemicu utama kebakaran dan bagaimana pencuri yang terjebak di dalam minimarket harus meminta pertolongan kepada warga sekitar.

” Baca Juga: Panahan Indonesia Raih Tambahan Tiket ke Olimpiade 2024 “

Kebakaran Terjadi di Minimarket Cimanggis

Minimarket yang berlokasi di Jalan Putri Tunggal, Harjamukti, Cimanggis, Depok, mengalami kebakaran pada pagi hari yang merugikan secara materi. Menurut keterangan dari Tesy Haryanti, Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Depok, kebakaran tersebut disebabkan oleh korsleting listrik yang terjadi di dalam bangunan minimarket. Kebakaran ini pertama kali diketahui sekitar pukul 05.50 WIB oleh warga sekitar yang melihat asap tebal keluar dari bangunan tersebut. Warga kemudian melaporkan kejadian ini kepada petugas damkar.

Sekitar 10 menit setelah menerima laporan, dua unit mobil pemadam kebakaran bersama 11 personel tiba di lokasi untuk memadamkan api. Proses pemadaman memakan waktu sekitar dua jam, dan akhirnya petugas kembali ke kantor sekitar pukul 08.00 WIB. Berdasarkan laporan, area yang terbakar mencakup luas sekitar 90 meter persegi dan menyebabkan kerugian yang diperkirakan mencapai Rp 300 juta.

Pelaku Pencurian Terjebak

Dalam kejadian ini, seorang pria yang diduga melakukan pencurian di dalam minimarket terjebak di dalam gedung yang terbakar. Pria tersebut meminta pertolongan kepada warga sekitar yang pertama kali menyadari kebakaran setelah melihat asap keluar dari dalam minimarket. Kapolsek Cimanggis, Kompol Judika, menjelaskan bahwa saksi mata berlari ke depan minimarket dan menemukan seorang pria yang meminta bantuan. Warga yang awalnya mengira pria tersebut adalah karyawan minimarket kemudian mencoba menolongnya keluar dari gedung yang terbakar.

Baca Juga :   Fiskal Era Prabowo-Gibran: Makan Siang Gratis Stabil

Namun, setelah berhasil dikeluarkan, pria tersebut mengakui bahwa dirinya bukanlah karyawan minimarket melainkan pelaku pencurian yang terjebak saat kebakaran terjadi. Pengakuan ini mengejutkan warga yang kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak berwenang. Polisi segera tiba di lokasi dan menangkap pria tersebut.

Dampak dan Tindakan Lanjutan

Peristiwa kebakaran dan pencurian ini menarik perhatian banyak warga sekitar yang merekam kejadian tersebut dan membagikannya di media sosial. Video yang beredar menunjukkan kepulan asap hitam masih keluar dari bangunan minimarket, sementara petugas damkar berusaha keras memadamkan api. Di sisi lain, polisi tampak mengamankan pelaku dan membawa dia ke Polsek Cimanggis untuk proses penyidikan lebih lanjut.

” Baca Juga: Partai Golkar Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024 “

Barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian turut diamankan oleh pihak kepolisian untuk membantu proses penyelidikan. Kasus ini menyoroti pentingnya kewaspadaan terhadap kejadian-kejadian yang dapat membahayakan keselamatan umum, serta perlunya tindakan cepat dari petugas terkait dalam menangani situasi darurat seperti kebakaran dan tindak kejahatan.